Rabu, 30 Januari 2013

6 Tanda Orang Derita Anoreksia


Beberapa gejala gangguan makan yang dapat dilihat dengan jelas, antara lain: penurunan berat badan yang drastis, penolakan untuk makan, dan sering ke kamar mandi untuk waktu yang lama setelah makan. Namun, terkadang gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia, sulit untuk dideteksi. Berikut adalah tanda-tanda seseorang terkena masalah gangguan makan, seperti dilansir Health.

1. Merasa kurang percaya diri dengan bentuk tubuh

Pikiran negatif atau obsesif tentang ukuran tubuh merupakan faktor kunci yang menggambarkan masalah gangguan makan. "Hal ini biasanya terjadi di awal penyakit," kata Cynthia Bulik, PhD, seorang spesialis gangguan makan di University of North Carolina-Chapel Hill.

2. Olahraga berlebihan

Kebiasaan olahraga yang sangat berlebihan sering disebut sebagai "latihan anoreksia". Latihan fisik memang baik untuk tubuh, namun ketika itu dilakukan secara berlebihan justru bisa berbahaya bagi kesehatan. 

3. Takut makan di depan umum

Perasaan malu atau tidak percaya diri untuk makan di depan umum dapat dikaitkan dengan masalah gangguan makan. "Makan bisa menjadi sangat mencemaskan bagi seseorang dengan gangguan makan," tambah Bulik. 

4. Tumbuh rambut halus

Orang-orang yang telah merampas gizi dari tubuh mereka untuk waktu yang lama sering mengembangkan kelainan seperti tumbuhnya rambut halus pada lengan dan bagian lain dari tubuh. Rambut ini dikenal sebagai lanugo, yang diakibatkan adaptasi fisik yang berat karena hilangnya lemak tubuh. Hal ini terlihat pada beberapa orang yang menderita anoreksia.

5. Memasak makanan yang rumit untuk orang lain

Meskipun penderita anoreksia sering menolak untuk makan, mereka justru ingin melihat orang lain makan. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang gemar memasakkan sesuatu yang rumit untuk orang lain. Ini mungkin merupakan bentuk kesenangan atau usaha mereka untuk makan melalui orang lain.

6. Kulit kering

Kulit kering dan jerawat, yang diakibatkan dehidrasi, merupakan salah satu tanda seseorang menderita anoreksia atau bulimia. Mulut kering, pipi dan mata cekung, serta ketidakseimbangan elektrolit yang parah juga dapat terjadi akibat kekurangan gizi.

Inilah enam tanda yang mengisyaratkan seseorang menderita masalah gangguan makan, terutama anoreksia atau bulimia. Kenali gejalanya sebelum semuanya terlambat!

Sumber :: Merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar